Latihan menyegarkan otak

Latihan menyegarkan otak

Tertawa dapat mempengaruhi pikiran dan memompa darah ke otak sehingga fresh kembali.

Jika kita dihadapkan pada sebuah keadaan yg mengharuskan kita duduk diam selama 20 menit atau lebih,kita akan merasa lelah/bosan.Saat itulah kita membutuhkan cuci otak untuk menyegarkan diri.Hal yang pertama kita lakukan saat bosan atau mengantuk adalah menguap.

Saat kita menguap,kita menggerakkan rahang,bukan tangan kita.Ini terjadi
karena otot rahang adalah bagian termudah yang dapat dirangsang oleh otak untuk mendapatkan energi tambahan.Dengan menguap,maka kebutuhan oksigen ke otak akan terpenuhi.Jadi jangan malu untuk menguap dihadapan orang banyak.Manusia akan otomatis terus menguap hingga kebutuhan oksigen ke otak terpenuhi.

Menahan gerakan menguap tdk banyak mePerlambat Pikun dengan Latihan Otak
Salah satu cara menjaga kebugaran otak adalah dengan senam otak sehat atau GLO.

Saat hendak bepergian, Asri (42) sibuk mencari kunci mobil. Pencariannya ke kamar, ke meja kerja, dan beberapa tempat lain tak membuahkan hasil. Barulah, setelah beberapa saat, ia teringat bahwa sang kunci ”bertengger” di tas yang ia jinjing sedari tadi. Inikah tanda-tanda pikun? Pikun atau demensia memang biasa terjadi pada lanjut usia (lansia).

Demensia menyebabkan kualitas hidup penderitanya jelek dan hubungan sosial menjadi terganggu. Tak hanya itu, penderita juga menjadi beban keluarga dan negara, kata dr Astuti SpS dari SMF (Staf Medik Fungsional) Saraf di RS Dr Sardjito, Yogyakarta.

Proses menua dan usia lanjut memang proses alami. Fenomena menua ini juga terjadi pada otak. Hal yang paling dirasakan adalah kemunduran daya ingat (memori) dan ini bisa secara normal dan tidak normal. Inilah yang kemudian menyebabkan demensia. Padahal, kepikunan pun bisa diperlambat lho! Seperti Asri, misalnya, ada baiknya ia melakukan berbagai latihan khusus memperlambat pikun, sebelum usia terlanjur lanjut.

Kemampuan daya ingat yang menurun secara normal pada lansia disebabkan oleh proses berpikir menjadi lamban, kurang menggunakan strategi memori yang tepat, dan kesulitan untuk pemusatan perhatian dan konsentrasi. Ia juga memerlukan lebih banyak waktu untuk belajar hal yang baru, memerlukan lebih banyak isyarat untuk mengingat kembali apa yang pernah diingatnya. Orang yang mengalami kepikunan yang tidak normal, ia bisa lupa makan, lupa nama pasangan, benda, angka, atau keterampilan yang pernah dikuasai. Terkadang, ia pun lupa dengan aturan-aturan sosial.

Untuk itu Astuti pun memberikan beberapa kiat mengatasi kemunduran daya ingat atau memperlambat kepikunan. Intinya, jangan biarkan otak Anda berhenti bekerja. Berikut kiatnya:

– Selalu belajar, berarti aktifkan otak Anda. Bangkitkan minat memakai pikiran dengan cara misalnya membiasakan membaca buku-buku yang bermanfaat, seperti membaca Al-Qur’an rutin, matematika, berhitung, merancang, atau memasak.
– Ulangi informasi yang baru untuk disimpan dalam ingatan
– Melatih memusatkan perhatian/konsentrasi, misalnya: dengan berdzikir, shalat yang khusuk, yoga, dan lain-lain.
– Rekreasi.
– Ikut kegiatan sosial.
– Konseling ke spesilis saraf, untuk deteksi dini demensia.
– Membuat catatan atau biografi merupakan aktifitas lansia yang paling baik dan sangat berharga.
– Menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat seperti makan-makanan sehat, istirahat/tidur cukup, hindari rokok dan alkohol.
– Gerak Latih Otak (senam otak) dan olahraga lain sesuai kemampuan.

Gerak dan Latih Otak
Pada prinsipnya dasar latihan otak adalah ingin otak tetap bugar dan mencegah pikun. Otak adalah satu-satunya organ yang kecanggihannya menurut para peneliti lebih canggih dari tata surya di alam lain. Seumur hidup manusia menurut penelitian, otak hanya terpakai 20 persen dan 80 persen lainnya belum terungkap, kata dr Astuti SpS.

Astuti memberi contoh, tersumbatnya di bagian otak sebelah kiri di atas telinga kita itu pusat berbahasa. Akibatnya, orang akan sulit bicaranya. Jika yang terjadi lesi di atas puncak kepala, pas pusat penggerakan jari tangan atau bibir, bisa cadel, lumpuh, dan sebagainya.

”Kita harus memberi edukasi pada masyarakat untuk memelihara otak tetap bugar. supaya kualitas hidupnya tetap terjaga baik. Karena sedikit lesi (luka), jaringan otak tidak berfungsi sehingga dengan sendiri aktivitas/kualitas hidup seseorang menjadi jelek,”kata Astuti.

Salah satu latihan untuk otak adalah dengan senam otak sehat atau yang diciptakan oleh Asosiasi Alzheimer Indonesia disebut Gerak dan Latih Otak (GLO).

GLO ini bisa dilakukan oleh semua usia. Pada penderita epilepsi anak, anak dengan cerebral palsy, anak yang gerak tangannya tidak terkoordinasi selain difisioterapi, mereka juga bisa dilatih otaknya lewat GLO.

GLO ini gerakannya mudah dan dapat dilakukan saat duduk atau berdiri. dilakukan dengan perasaan senang, rileks, serta tidak menahan napas. ”Bila sedang berada di bus kota, sedang di depan meja komputer, gerakan ini bisa saja dilakukan dalam hanya dalam lima menit.

Biasanya latihan yang dianjurkan tiga kali seminggu, masing-masing sekitar 15-20 menit, harus selalu membayangkan gerak fisiknya, supaya tersambung sirkuit otak dengan gerakan-gerakan yang sedang dilakukan.

1. Latih peregangan leher
Posisi badan menghadap lurus ke depan, dengan telapak tangan kanan pada sisi kanan kepala. Tekan kepala ke arah kiri, sementara kepala menghadap lurus ke depan. Otot-otot leher akan terasa teregang melawan dorongan tangan. Lakukan delapan kali hitungan dengan tidak menahan nafas. Lakukan secara bergantian dengan telapak tangan kiri.

2. Peregangan bahu dan lengan atas
a. Luruskan tangan kanan ke atas (di samping telinga), telapak tangan menghadap ke depan. Tangan kiri melewati belakang di bawah siku tangan kanan. Tangan yang lurus digerakkan ke belakang, sedangkan tangan yang satunya menahan ke depan.
Akan terasa regangan pada bahu dan lengan atas. Hembuskan nafas pada saat otot diaktifkan atau tegang. Kemudian lakukan bergantian dengan tangan yang kiri, masing-masing dua kali.
b. Luruskan tangan kanan ke atas, di samping telinga dengan telapak tangan menghadap ke dalam. Tangan yang lurus digerakkan ke kanan, sedangkan tangan yang satu lagi menarik tangan kanan ke arah dalam. Lakukan bergantian dengan tangan yang kiri, masing-masing dua kali.
c. Posisi tangan kanan lurus menekan ke arah telinga kanan dan tangan yang satu lagi mendorong ke arah keluar. Lakukan bergantian dengan tangan kiri, masing-masing dua kali.

3. Pemanasan sakelar otak
Gosoklah dua lekukan kiri dan kanan di bawah pertemuan tulang selangka kiri dan kanan dengan tulang dada. Dengan tangan lain gosok daerah perut. Usahakan mata bergerak ke kiri dan ke kanan, ke atas, ke bawah dan memutar dari kiri atas ke kanan atas. Lakukan enam kali pernapasan dengan tangan bergantian.

4. Latihan inti
a. Delapan tidur
Berdiri tegak, kepala lurus ke depan, tangan kanan lurus ke depan, ibu jari menghadap ke atas di depan hidung. Gerakkan tangan ke kiri atas, kiri bawah, kembali ke tengah, lalu ke ke kanan atas, kanan bawah dan kembali ke tengah. Gerakan ini membentuk angka delapan tidur dan lakukan tanpa diikuti gerakan bola mata.
b. Untuk variasi delapan tidur, gerakkan ibu jari sama seperti gerakan delapan tidur, tetapi gerakan ibu jari diikuti dengan gerakan bola mata. Lakukan latihan ini bergantian dengan tangan kanan, kiri, dan kedua tangan saling berkaitan. Masing-masing dalam hitungan dua kali delapan.

sumber:keluargasehat.commbantu,karena otak akan terus-menerus mengirim pesan akan kebutuhannya.Dengan menggerakkan otot mulai dari ujung jari kaki hingga kepala lalu relaks,menarik nafas dan menghembuskannya kembali akan membuat sbb:

1.Aliran darah kembali lancar
2.Memperlancar sirkulasi energi tubuh
3.Meningkatkan kandungan oksigen dlm tubuh
4.Memberikan tenaga pada otak
Bagaimana melatihnya?

Letakkan segelas air dan alat2 tulis diatas meja(pensil,sehelai kertas)

Duduklah pada sebuah kursi bersandaran yg nyaman bagi punggung,kemudian jejakkan kaki dilantai

Rapatkan kedua lutut dan kaki dan tegakkan punggung anda sejajar dengan sandaran kursi.

Tempatkan lengan serapat mungkin disisi tubuh dan pegang erat pinggiran kursi

Hitung sampai 10 detik dan relaks

Tarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan pelan2.

Minumlah air yg terletak dihadapan anda,cukup steguk saja jangan terlalu banyak.

Raihlah pensil dan kertas.Gunakan tangan yg tidak biasa anda pakai untuk
menulis,umpamanya menulis dengan tangan kiri.

Cobalah tulis nama anda.Setelah berhasil,anda dapat menghabiskan sisa air minum tadi.

Segelas air membuat tubuh dan otak dapat bekerja dengan maksimal.
Lalu apa gunanya kita menulis dengan tangan kiri?.

Ingat penggunaan otak kiri dan otak kanan?

Otak kiri dan otak kanan mempunyai hubungan yg erat dengan kemampuan
menulis.

Belum diketahui secara jelas,mengapa otak kiri kita yg
mengendalikan tangan kanan untuk menulis.

Jika kita kidal,maka otak kanan yg mengendalikan tangan kiri untuk menulis.Dengan menggunakan tangan yg tdk
biasa dipakai menulis,maka otak akan terkejut dan berusaha mengendalikan situasi.

Hasilnya,bila digabungkan dengan kegiatan lainnya,kita dapat
mengubah kebosanan.

Otak kita tetap terjaga saat sedang rapat atau belajar.

Pertanyaan untuk diingat adalah:”Apa yang harus saya lakukan bila anak saya merasa bosan disekolah?”

Bila anak anda merasa terus-menerus mengalami kebosanan disekolah yg dapat membuat mereka kecewa,marah,tertekan,merasa lelah,mungkin disebabkan karena mereka tdk mendapatkan tantangan terhadap kreativitas dan kemampuan dirinya.

Orangtua perlu mengetahui kecerdasan majemuk anak2nya.Mungkin kelebihan anak2 yg dimilikinya sejak lahir tdk tersalur dengan baik.

Komentar ditutup.