FILSAFAT HUME MENGENAI AGAMA

FILSAFAT HUME MENGENAI AGAMA

Kita masih harus mempertimbangkan pandangan hume pada agama dan etika. Pertama,seperti pada tulisan hume mewngenai agama,pandangan tersebut memiliki tiga sasaran utama: (1) Bukti rasional mengenai keberadaan Tuhan yang dikembangkan pakar teologi abad pertengahan , di mana kita mendapati Descartes menggunakannya setelah dia menetapkan Cogito; (2) Deisme, teologi rasional yang menarik perhatian sebagian besar filosuf dan pakar teologi di masa Hume –di London, Edinburg, Paris dab di koloni baru yang kemudian menjadi Amerika Serikat; (3) keyakinan religius tradisional menganai mukzijat.

Agama: (1) Kritik Keras Hume atas Bukti Rasional Mengenai Tuhan

Hume menyangkal bukti klasik keberadaan Tuhan yang menggunakan akal penalaran. Akal , seperti yang telah kita ketahui,tidak bias membuktikan apapun mengenai keberadaan dan persoalan fakta. Akal hanya memberikan bukti logis dan matematis , akal hanya memberitau kita mengenai hubungan antar gagasan. Keberadaan Tuhan bukan lah gagasan yang dengan sendirinya terbukti, juga bukan kebenaran yang bisa di tinjukan secara logis. Seseorang bisa saja menyangkal keberadaan tuhan tanpa bertentangan dengan dirinya sendiri. Oleh karena itu Hume mengkritik keras ketiga bukti keberadaan Tuhan Descartes. Dua bukti pertama Descartes mengenai keberadaan Tuhan adlah bukti sebab dan akibat. Keduanya mencoba membuktikan bahwa Tuhan itu ada sebagai satu-satunya sebab munculnya gagasanku mengenai Dia dan munculnya gagasan mengenai keberadaanku sebagai benda yang berfikir. Namun kita tidak mempunyai kesan indra mengenai Tuhan sebagai suatu sebab, kita juga tidak mempunyai kesan apapun mengenai benda yang berfikir sebagai akibat. Apalagi pada kedua bukti sebab-akibat mengenai keberadaan Tuhan ini, Descartes mendasarkan diri pada kejelasan dan kejernihan pemikiran bahwa sebab harus sama nyatanya dengan akibat nya. Bagi Descartes gagasan ini sangat jelas sehingga tidak ada pikiran rasional apapun yang bisa meragukannya, namun bagi Hume sangatlah tidak berarti , gagasan tersebut tidak memunculkan baik landasan rasional maupun empiris untuk kausalitas.

Adapun bukti ketiga mengenai Tuhan, yang dimunculkan nya pada buku meditasi kelima, Descartes menggunakan bukti ontologis yang di kemukakan Saint Anselm di abad 11. bukti itu mengemukakan ide bawaan mengenai Tuhan yang memiliki segala kesempurnaan dan oleh karena itu memiliki kesempurnaan pada kewujudan Nya. Bukti ini juga sampai pada kesimpulan bahwa Tuhan itu memang ada. Hume meruntuhkan bukti ini dengan pertama-tama menginmgatkan kita bahwa filsuf empirisme seperti John locke telah menunjakan bahwa tidak ada yang namanya ide bawaan , kita hanya memiliki gagasan yang muncul dari pengalaman kesan. Bukti ontologism Saint Anselm menenai keberadaan Tuhan menyatakan bahwa ide ketuhanan itu dengan sendirinya terbukti dalam akal pikiran: Tuhan mempunyai segala kesempurnaan, Dia Maha-tahu, Maha Kuasa, dan Maha baik dan oleh karenaitu Dia tidak mungkin kurang sempurna dalam keberadaannya. Hume menjawabnya dengan uji empiris atas gagasan; jika tidak ada kesan dalam pengalaman, gagasan itu tidaklah bermakna, tidak berarti . namun kita tidak bisa mempunyai kesan indra atas zat supranatural, dan dengan demikian ide ketuhanan tidak lulus dalam uji empiris.

Hume terus mendesak sipa saja yang berusaha membuktikan bahwa Tuhan itu ada dengan menggunakan bukti ontologism ini. Bagaimana anda tahu bahwa Tuhan memiliki cirri ini? Di manakah kesan indra masing-masing cirri ini? Berikut ini adalah pernyataan nya yang paling menyakitkan: ” Gagasan kita tidak lebih dari pengalaman kita. Kita tidak memiliki pengalaman akan cirri-ciri Akhirat. Aku harus menyimpulkan silogismeku. Anda bisa menarik kesimpulan sendiri.” Dengan demikian argument ontologis klasik yang mencari bukti dengan menggunakan pemikiran bahwa Tuhan itu ada sejak kita lahir dan ide bukti diri mengenai Tuhan telah diruntuhkan.

AGAMA: (2) KRITIK KERAS HUME ATAS DEISME .

Satu bukti klasik mengenai Tuhan yang digunakan Descartes dinamakan argument dari rancangan.

Iklan

Komentar ditutup.