RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SILABUS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Madrasah : MI Mift. Ulum Sumbersuko Purwosari
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : Mampu melafalkan dan menghafalkan surat-surat tertentu dalam juz amma dengan baik
Kompetensi Dasar : Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-   Fatihah
Indikator :

  • Melafalkan surat Al-Fatihah
  • Hafal surat Al-Fatihah
  • Gemar membaca surat Al-Fatihah
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
A. Tujuan Pembelajaran :  Siswa dapat melafalkan, menghafalkan, menulis dan gemar membaca Al-Fatihah dengan baik dan benar
B.  Materi Pokok : Surat Al-Fatihah
C.  Metode Pembelajaran : Tanya jawab

Inkuiri

Short Card

Informasi

Pemberian tugas

Demontrasi

D. Langkah-langkah Pembelajaran  :
Pertemuan ke-1 2 x 35 menit
I. Kegiatan Pendahuluan         : 1.   Salam

2.   berdoa

II. Kegiatan Inti                       :
  1. Melihat, menyimak dan menirukan bacaan Surat Al-Fatihah dari guru atau tutor  sebaya secara klasikal
  2. Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok
  3. Menemukan urutan Surat Al-Fatihah melalui sort card dalam kelompok masing-masing
  4. Menirukan  bacaan Surat Al-Fatihah secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang melafalkan
  5. Masing-masing kelompok mendemonstrasikan bacaanya di depan kelas
  6. Guru mengoreksi bacaan / pelafalan huruf yang masih belum sesuai
  7. Secara individu melafalkan di depan kelas dengan melihat alat peraga
III. Kegiatan Penutup             :
  1. Memberikan penegasan pentingnya melafalkan  huruf hijaiyah supaya membaca surat Al-Fatihah secara benar
  2. Memberi tugas melafalkan lagi di rumah
  3. Berdo’a
Pertemuan ke-2 : 2 x 35 menit
I. Kegiatan Pendahuluan         : 1.   Salam

2.   berdoa

3.   Mengulang pelafalan Surat Al-Fatihah secara klasikal

II. Kegiatan Inti                       :
  1. Secara individu menulis huruf hijaiyah dari Surat Al-Fatihah dengan meniru yang ada di alat peraga atau di papan tulis
  2. Menirukan  bacaan Surat Al-Fatihah secara kelompok, di dalam kelompok itu ada yang menyimak ada yang melafalkan dan saling menyimak satu dengan yang lain sampai hafal
  3. maju satu-persatu menghafalkan Surat Al-Fatihah untuk penilaian
III. Kegiatan Penutup             :
  1. Memberikan penegasan pentingnya menghafalkan  Surat Al-Fatihah terutama dalam sholat secara benar
  2. Memberi tugas menghafal lagi di rumah
  3. Berdo’a
E. Sumber Belajar : Buku Paket qurdis kelas I, Alat peraga, juz amma
F. Penilaian : Tertulis , Tes lisan dan demonstrasi
Instrumen penilaian :
  1. Berapa jumlah ayat dalam Surat Al-Fatihah?
  2. Bagaimana lafal ayat pertama surat Al-Fatihah ?
  3. Bagaimana lafal ayat kedua surat Al-Fatihah ?
  4. Bagaimana lafal ayat ketiga surat Al-Fatihah ?
  5. Bagaimana lafal ayat keempat surat Al-Fatihah ?
  6. Bagaimana lafal ayat kelima surat Al-Fatihah ?
  7. Bagaimana lafal ayat keenam surat Al-Fatihah ?
  8. Bagaimana lafal ayat ketujuh surat Al-Fatihah ?
  9. Tulislah semua huruf hijaiyah pada buku tulismu !
  10. Majulah ke depan untuk menghafalkan surat Al-Fatihah !

Purwosari,    Juli  2007

Mengetahui                                                       Guru Mata Pelajaran/Kelas I

Kepala Madrasah

MOH. SU’UD MASRUKHA, A.MA

SILABUS

NAMA SEKOLAH                 : MI Mift. Ulum Sumbersuko Purwosari

MATA PELAJARAN              : ALQURAN HADITS

KELAS/SEMESTER               : 3 / I

STANDART KOMPETENSI  : MAMPU MEMAHAMI CARA MELAFALKAN SURAT-SURAT TERTENTU DALAM JUZ AMMA DAN MENGHAFALKAN SURAT-SURAT TERSEBUT DENGAN BAIK

ALOKASI WAKTU               : 12 X 35

KOMPETNSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER/ BAHAN /ALAT

1

2

3

4

5

6

7

Melafalkan dan hafal surat Al-Qariah

Surat Al-Qariah

Secara kelompok,kasikal maupun individu :

  1. Melihat dan menyimak guru atau alat peraga lainnya maupun bimbingan guru
  2. Menirukan bacaan melalui guru atau alat peraga maupun bimbingan guru.
  3. Secara acak / bergantian melafalkan surat Al-Qariah dengan baik dan benar serta lancar.
  4. Masing-masing Kelompok saling menyimak, menirukan dan mengoreksi.
  5. Setiap kelompok berlomba menghafal surat Al-Qariah dengan baik, benar dan lancar.
  6. Secara bergiliran maju satu persatu menghafalkan surat Al-Qariah.
ü       Melafaalkan surat Al-Qariah dengan baik, benar dan lancar.

ü       Membaca surat Al-Qariah dengan baik, benar dan lancar.

ü       Menghafal surat Al-Qariah dengan lancar.

ü       Menulis surat Al-Qariah dengan baik, benar

Jenis tagihan:

1.tugas individu

2.tugas kelompok

3.ujian blok(TSS)

Bentuk tagihan:

1.unjuk kerja / Performence

2. Tes Tulis

3. tes lisan

6 X 35

Buku paket Quran hadits kelas 3

juz Amma

Alat peraga

Puzzle

Card Short

Melafalkan dan hafal surat Al-Zalzalah

Surat Al-Zalzalah

Secara kelompok,kasikal maupun individu :

  1. Masing kelompok menyimak bacaan guru secara murottal surat Al-Zalzalah.
  2. Membaca secara bergantian surat Al-Zalzalah
  3. Setiap siswa berlomba menghafal surat Al-Zalzalah dengan baik, benar dan lancar. Melalui kelompok masing-masing
  4. Secara bergiliran maju satu persatu menghafalkan surat Al-Zalzalah.
ü       Melafalkan surat  Al-Zalzalah dengan baik, benar dan lancar.

ü       Membaca surat Al-Zalzalah dengan baik, benar dan lancar.

ü       Menghafal surat  Al-Zalzalah dengan lancar.

ü       Menulis surat Al-Zalzalah dengan baik, benar

Jenis tagihan:

1.tugas individu

2.tugas kelompok

3.ujian blok(TSS)

Bentuk tagihan:

1.unjuk kerja

2.tes tulis

3.tes lisan

6 X 35

Buku paket Quran hadits kelas 3

juz Amma

Alat peraga

Puzzle

Card Short

Melafalkan dan hafal surat Al-Humazah.

Surat Al-Humazah

Secara kelompok,kasikal maupun individu :

  1. Membaca berulang-ulang secara klasikal.
  2. Melalui Kelompok kecil membaca bergantian dan berpasangan.
  3. Secara bergiliran kelompok membaca, kelompok lain menyimak dan membetulkan.
  4. Mendemontrasi-kan bacaan surat Al-Humazah.
  5. Secara bergiliran maju satu persatu menghafalkan surat Al-Humazah.
ü       Melafalkan surat  Al-Humazah dengan baik, benar dan lancar.

ü       Membaca surat  Al-Humazah dengan baik, benar dan lancar.

ü       Menghafal surat  Al-Humazah dengan lancar.

ü       Menulis surat Al-Humazah dengan baik, benar

Jenis tagihan:

1.tugas individu

2.tugas kelompok

3.ujian blok(TSS)

Bentuk tagihan:

1.unjuk kerja

2.tes tulis

3.tes lisan

6 X 35

Buku paket Quran hadits kelas 3

juz Amma

Alat peraga

Puzzle

Card Short

Snow Balling throw

Melafalkan dan hafal surat At-Tiin

Surat At-Tiin

Secara kelompok,kasikal maupun individu :

  1. Melihat dan menyimak guru atau alat peraga lainnya serta menirukan bacaan guru atau bacaan teman yang benar
  2. Secara acak melalui kelompok kecil melafalkan surat At-Tiin dengan baik dan benar serta lancar.
  3. Kelompok lain menyimak, menirukan dan mengoreksi.
  4. Setiap kelompok berlomba menghafal surat At-Tiin dengan baik, benar dan lancar.
  5. Secara bergiliran maju satu persatu menghafalkan surat At-Tiin.
ü       Melafalkan surat  At-Tiin dengan baik, benar dan lancar.

ü       Membaca surat  At-Tiin dengan baik, benar dan lancar

ü       Menghafal surat  At-Tiin dengan lancar

ü       Menulis surat At-tiin dengan baik, benar

Jenis tagihan:

1.tugas individu

2.tugas kelompok

3.ujian blok(TSS)

Bentuk tagihan:

1.unjuk kerja

2.tes tulis

3.tes lisan

6 X 35

Buku paket Quran hadits kelas 3

juz Amma

Alat peraga

Puzzle

Card Short

Purwosari,    Juli  2007

Mengetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran/ Guru Kelas III

Kepala Madrasah

MOH. SU’UD MARDIYYAH

About these ads

Komentar ditutup.